B
A
S
A
B
A
!
My Inscription.
to Share my Life Events

Tentang Blogger dan Youtuber




Seminggu lalu saat gua ngumumin tentang transformasi #GOBLOG ke #UdaOjan dengan judul postingan "KEMANA SI #GOBLOG?" tepatnya pada hari Sabtu (30/4/2016) lalu, banyak sobat-sobat yang nanya tentang perubahan ini. Umumnya yang mereka tanyain itu:
| "Blog baru? kenapa ga bikin Vlog aja?". 

Terus terang aja. untuk membuat Vlog tentunya youtube gua harus memuat konten rutin yang mendatangkan ribuan subscribers terlebih dahulu, dan itu ga bisa gua lakuin karena gua ga punya tim ditambah lagi kesibukan gua dalam organisasi, ngerjain job design/video, sama kuliah yang sekarang pun udah terbengkalai sob, kalo ada yang mau bantu ayo hubungin gua, hahhah. Tapi sebenernya buat sobat yang belom tau, gua itu udah punya akun youtube sejak 2011 lalu, kalo ga percaya klik aja icon youtube di barisan atas webblog ini. Yaa, waktu itu fungsi youtube gua cuma buat tempat upload video sulap gua aja sih dan editannya cuma pake Windows Movie Maker, cupu banget kan? hahha.

Intinya gini, kalo lo minta gua nge-Vlog, gua bakalan rekam keseharian gua yg ngapain? gua rekam pas lagi tidur? atau pas gua lagi rapat organisasi? atau mungkin pas gua ngabisin 1 hari gua yang cuma duduk didepan komputer? hahah.

Oke daripada kebanyakan basa-basinya, mendingan kita langsung aja ke topik #OjanSharing nya.
Sesuai Judul, kali ini gua akan berbagi mengenai Blogger Site dan Blogger Video/tube (Vlog) [istilah gua sendiri]. atau intinya sih BLOGGER vs YOUTUBER.

[] Kesamaan Blogger dan Youtuber

1. Host yang sama
  Ya, walaupun Blog atau CMS saat ini ga cuma Blogspot doang karna istilah blogger sekarang juga melekat pada pengguna wordpress, joomla, webly, wix, dan sebagainya. Tapi coba sobat masuk ke Dashboard blog sobat yg ber host blablabla.blogspot.com. Disana jelas tertulis www.blogger.com, nah sekarang kalo udah ngerti maksud gua, Host yg kita bandingin adalah blogger.com dan youtube.com. Keduanya sama-sama diberdayakan oleh mbah Google.

2. Tujuan dari konten
   Baik Blogger ataupun Youtuber keduanya sama-sama bertujuan untuk berbagi ke pemirsanya masing masing, ada youtuber yg bikin konten kaya #OjanSharing di blog gua yang tujuannya berbagi hal-hal fenomenal, penjelasan, pengetahuan, dan lain sebagainya yang serupa.
   Kalo di Youtube ada Vlog dimana seorang youtuber mendokumentasikan kesehariannya. Blogger juga ada yang punya konten serupa, mungkin sobat pernah liat Blogger yang punya Diary Blog yang juga ngasih cerita dokumentasi keseharian mereka, kaya @radityadika. Selain itu mungkin ada Tutorial Youtuber, di dunia Blogger ini lebih banyak yang menyediakannya. Dan yang lainnya seperti Beauty Youtuber, di dunia Blogging  juga ada Beauty Blogger yang sama-sama memberi saran tentang kecantikan.

3. Profit mbah Google (UANG/Piti/Hepeng)
   Jika di Youtube sobat pernah liat iklan diawal video kaya gini:

atau dibagian bawah video kaya gini:

blogger.com juga diberdayakan oleh google dengan iklan, seperti ini:

Keduanya sama sama didukung fasilitas GoogleAdsense..!!
yang juga dapat menghasilkan pundi-pundi keuntungan buat sobat sekalian.

4. GRATIS dan MUDAH dalam pembuatannya
   Nah ini yang terpenting bagi kita yang bingung mau bikin website tapi ga punya dana untuk nyewa hosting, apalagi yang ga ngerti bahasa pemrograman Web seperti HTML, PHP, dan CSS yang merupakan Coding-an pokok dalam membangun sebuah website, belum lagi masalah designnya, mungkin kita harus membayar seorang web developer dan web designer sekaligus dengan Hostingnya (tempat naro Coding-an). Sedangkan di Blogger dengan fungsi yang sama, kita bisa membuatnya dengan mudah bahkan meng-upgrade designnya dengan gratis.
  Dan untuk youtube, sudah pasti kita bisa membuat akun dengan gratis, dan meng-upload video dengan gratis. Melihat kesamaan ke-3 tadi, silahkan sobat bayangkan, Sobat hanya berkarya sesuai passion dengan wadah yang gratis namun bisa mendapatkan Profit (gaji sampingan lah yaa.).


Hmm.. Mulai tertarik dengan salah satunya?
Blogger, atau Youtuber? hahaha...
sekarang kita bahas mengenai perbandingannya, atau plus-minus dari keduanya..

oke .. sung..


[] BLOGGER vs YOUTUBER

Berikut berbagai segi perbandingan antara seorang Blogger dan Youtuber.
1. PENDUKUNG dan Kebutuhan
   Pendukung disini maksudnya adalah segala hal yang membantu sobat dalam proses menjadi youtuber ataupun Blogger.
YOUTUBER:
- Membutuhkan skill dan softwere Editing video. - Membutuhkan Team agar tak kualahan dalam menyediakan Konten Rutin (seperti Upload tiap minggu)
- Membutuhkan Kamera dan trigger lain untuk menunjang kualitas
- Waktu yang terkesan lama untuk setiap persiapannya (Recording, Editing, Rendering, Uploading)
- Belum ada Komunitas merata yang membantu peningkatan Viewer. Subscriber menjadi penunjang untuk hal itu.
BLOGGER:
- Membutuhkan konten utama yang membuat pembaca menantikan postingan sobat
- Tidak perlu software namun tetap membutuhkan Kemampuan dan Ide menulis agar pembaca tak merasa bosan saat membaca.
- Membutuhkan Koneksi Internet namun untuk menulis bisa dengan gadget saja.
- Waktu yang digunakan terkesan singkat walaupun untuk konten utama yang perlu jadwal khusus dalam publikasinya. Bahkan jika sobat tak memiliki PC, duduk di warnet dengan uang 5000 saja itu sudah lebih dari cukup untuk upgrade dan update.
- Banyak komunitas blogger yang senantiasa menjaga traffic penayangan, dan bahkan rela mengikuti blog sobat.
2. PROFIT (Keuntungan)
YOUTUBER - Monitization:
   Untuk mendapatkan keuntungan dari monetization sebagai youtuber, sobat harus mengupayakan agar viewer sobat mencapai angka yang besar dan profit yang didapatkan bisa dirasakan secara nyata bagi sobat sekalian. Namun untuk hal "Pendukung" diatas perlu sobat perhatikan.
   Penempatan iklan GoogleAdsense juga berpengaruh disini, kita asumsikan tidak ada yg mengklik iklannya, profit terbesar dari iklan di youtube adalah pada awal video yg tidak ada tulisan [SKIP Ad], kedua adalah iklan di awal video yang ada tulisan [SKIP Ad], dan terakhir adalah iklan area bawah video. penempatan tersebut diatur oleh google berdasarkan traffic viewer.
   Namun selain melalui GA (GoogleAdsense), pendapatan youtuber juga bisa didapatkan dengan cara Endorse produk. Itupun jika subscriber dan viewer sobat membuat para pemilik produk tertarik menggunakan sobat untuk di-Endorse
BLOGGER - SEO:
   Sebagai SEO Blogger tentunya pendapatan utama adalah dari IKLAN. Untuk mengoptimalkan penayangan iklan, disinilah fungsi dari sebuah Komunitas bagi para blogger. Sobat bisa saling meminta BW (Blog Walking) atau simpelnya bisa disebut menjelajah blog sobat dengan membuka beberapa postingan atau halaman walaupun belum ada postingan terbaru. Apa itu SEO Blogger? "Silahkan Googling aja sob !"
   Dalam hal penempatan iklan, sobat bisa memilih sendiri penempatan iklan yang sobat inginkan seperti bisa dilihat pada blog gua ini. Namun tidak ada perbedaan mencolok untuk angka profit dari berbagai penempatan atau ukuran. Untuk itu, pihak GA sudah mulai memberikan angin segar untuk para blogger dengan tampilan seperti pada Youtube. Silahkan lihat video ini:

   Selain Iklan dari GA, sobat juga bisa mendapatkan keuntungan dari Banner iklan secara manual, ini juga samahalnya dengan endorse.
   Jika sobat bertanya gimana caranya untuk me-Monetization youtube atau menjadi SEO Blogger? Sobat bisa mendaftar di google adsense terlebih dahulu, bisa melalui Youtube, ataupun Blogger. bagaimana caranya? Untuk sementara, silahkan sobat googling sendiri dulu sebelum gua bikinin postingan tutorialnya.
3. POPULARITAS yang didapat
   Sebenarnya gua ga tertarik bahas ini karna gua sendiri ga suka nycari popularitas instan, hahahha. tapi mungkin dari sobat ada yang sengaja jadi Blogger untuk bisa menjual diri dari tulisan kaya gua dengan konten Utama #CeritaSerius dan majangin kontak supaya gua bisa dihubungi sama pihak yang tertarik untuk bekerja sama.

YOUTUBER:
   Jika memang yang sobat inginkan adalah popularitas dan sejenisnya, sobat bisa memilih  Youtube untuk membuka jalan menjadi entertainer. Namun ingat, Jangan tanggung-tanggung dan GARING, upayakan tetap natural dan ga terkesan memburu hal tersebut. karna kehancuran seorang Youtuber adalah karna sangat terobsesi dengan Popularitas yang akan didapatnya.
BLOGGER:
   Jika popularitas yang lo cari sob, waduuhh.. gua sendiri ga bisa jamin akan hal itu, karena itu tergantung dari apa yang lo sajikan sama setiap pembaca, kalo seandainya pembaca lo tertarik untuk nungguin postingan lo, berarti lo udah mulai bisa dapetin hal itu. Jujur gua sendiri memfungsikan blog ini cuma untuk link kerja sama dan berbagi motivasi. itu aja, tapi ngga ada yang ga mungkin untuk seorang blogger. Dengan komunitas, pastinya kita bisa bertambah populer seenggaknya bagi komunitas tersebut. Popularitas para blogger biasanya didapatkan setelah Tulisan blognya original dan pantas dibukukan, jadi jalan terdekat sobat sebagai blogger adalah PENULIS

**
Jadi.. sekarang sobat udah tau kan hal umum tentang meningkatnya populasi 2 makhluk ini? hahah. Sobat tertarik menjadi salah satunya?
   Kalau gua pribadi sih, tetep jalanin sebagai blogger, aktif ngerjain project di dunia nyata, sama tetep coba nyumbang karya (kalo sempet) di Youtube dan pastinya tetep di-Monetization, maruk yah..? hahahha.


Oiya, ini dia nih daftar Youtuber yang berawal dari Blogger:
BENA KRIBO ALIT SUSANTO KEVIN ANGGARA


Buat sobat yang masih ingin tanya soal youtuber dan blogger, silahkan langsung aja di kotak komentar atau di ask.fm sob..
Lebih dekat bersama #UdaOjan di:


  •  
Fauzan Putra MW Fauzan Putra MW Author

14 comments:

  1. Belum pede bikin vlog. Padahal kepingin banget. Mau bikin vlog tentang sehari-hari gitu, tapi ya itu belom pede. Nanti viewernya nol hehehhe :D mana ada yang mau nonton :( kayaknya asik gitu bikin vlog. Pengen belajar juga video editing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sung ran.. bikin aja dulu, ntar juga ada aja sih yang nonton... ya walaupun di paksa sih.. hahaha... kalo masalah editing video mah, yang penting bisa motong ama ngetrim udah cukup kalo sekedar buat vlog.. heheh...

      Delete
  2. Untuk penghasilan klik iklan lbh besar dari youtube menurut ane gan

    ReplyDelete
  3. Persamaan Blogger dan Youtuber itu sama-sama yang membuatnya itu manusia kang :D
    Salam kenal kang ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga juga sob.. banyak blogger yang bukan manusia.. ada ayam, ada capung, siluman ampe bidadari.. hahahha

      Delete
  4. Wah, ini, toh, yang ngajakin tuker link. :3
    Nuhun, ya, Kang, sebelumnnya.
    Anyway, jujur dalam hati paling dalam pengeeeeeen banget bikin Vlogg. Perlengkapannya udah ada, tiep kemana-mana suka iseng rekam sana-sini, tapi gak bisa ngedit videoooo. :'))
    Sedih, deh.
    Apalagi zaman sekarang blogger-blogger udah pada banyak yang hijrah jadi vlogger juga yak. Huh. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajakin aja Blogger di komunitas Hijrah bareng teh bidadari.. biar ramean juga ngeditnya.. ngiehhehehehe

      Delete
  5. wkwkwk youtube emang lagi booming, bener tuh, beberapa blogger sekarang udah mulai ngevloglah, termasuk gue si hehehe

    ReplyDelete
  6. Yang bikin mikir-mikir kalau mau ngevlog adalah kalau ternyata yang kita bikin tidak bagus, banjir bully tuh. hahahaha.

    ReplyDelete
  7. semua enak, kalo diniatin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banggg balesssss, kemanaaaa dirimuuu :'(

      Delete
  8. youtube youtube lebih dari tv :) ka aku mau reccomend nih ka "Zapplerepair pengerjaan di tempat. Zapplerepair memberikan jasa service onsite home servis pengerjaan di tempat khusus untuk kota Jakarta, Bandung dan Surabaya dengan menaikan level servis ditambah free konsultasi untuk solusi di bidang data security, Networking dan performa yang cocok untuk kebutuhan anda dan sengat terjangkau di kantong" anda (http://onsite.znotebookrepair.com)

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete