B
A
S
A
B
A
!
My Inscription.
to Share my Life Events

Tips dan Trik Tingkatkan Potensi Otak ~ Ala udaOjan (dulunya ojan-GO.BLOGspot.com)

Udah lama ga nge-BLOG dan banyak banget mention di tweet yang nanyain keberadaan tulisan gua euy... hahhaha. Wokeh.. sekarang gua mau share kebiasaan lama gua yg berhubungan sama Potensi Otak gua dan lo juga #Fastinya sob.

Kemaren-kemaren banyak sobat yang ngasih pertanyaan sama gua yg bikin gua "terbang", yaa.. kaya gini:
- bang di GOBLOG pas gua liat Bio lo kok banyak banget HOBBY sama PENGALAMAN ORGANISASI lo..! #GOBLOG (goblok) aja bisa gitu, gimana pinternya ya? Hahhaha.. #PeaceBang
Sialan.. -_- itu yang dalam kurung apaan..??
"Organisasi itu urusannya sama Logika dan Rasional gua dimana itu bakal make otak kiri gua karna gua bertipe Organisatoris KONSEPTOR, bukan EKSEKUTOR. dan Hobby lainnya bakalan make Otak kanan gua, kaya musik, olahraga, sulap, nge-blog, dll. #Gitu"


- Jan, katanya lo pernah ikut Olimpiade Fisika Provinsi ama Matematika Nasional yah? #KokBisa?

Itu HashTagsnya euy...!!
"hehehe.. Yoyoy, itu beneran woy.. *kok pada ga yakin banget ya?*. Gua emang suka berkompetisi, karna katanya bisa bikin adrenalin dan semangat jadi nambah."


- Gua heran sama lo bang. disuruh ngedesign kerjaan lo beres, disuruh bikin resume beres juga, bikin Film dokuenter bisa juga, kemaren guab baca komik "Mo'o kawan" katanya lo yg bikin juga, Lo orang ga sih?

hehe.. Jadi Malu euy... tapi.. (-_-') Lagi-lagi status keberadaan gua sebagai makhluk Tuhan diraguin..!
"semua kegiatan yang ditanyain td itu berkaitan sama otak kanan, karna berhubungan sama kreatifitas. semua orang bisa kok, Asal dibiasain dan ikutin tips gua dibawah." :D


Ask About GOBLOGx and The Author
=================================================================

Okeh... Dari pertanyaan itu semua gua kepikiran buat ngasih tips Ningkatin Potensi Otak ala GOBLOG. Tapi sebelomnya gua kasih liat hasil tes Online Potensi Otak gua dlu ya..!! (Pamer dikit)
Test 1: http://en.sommer-sommer.com/brainest/
Test 2: http://hot.yukbisnis.com/test-otak-kiri-kanan/
Sama hasilnya kaya waktu Seminar Kepemimpinan & BIMBEL dulu.

"Ahh.. kalo masalah begituan mah lahiriah jan..!!"
Wetsss.. bukaaaannn... perkembangan potensi otak itu tergantung kebiasaan kita sob..
Nah.. ini dia Cara Ningkatin Potensi Otak ~ala Ojan GOBLOG & *Nyokap Gua*:


1. Dengerin Musik yang cocok di Kesibukan sendiri.
Kamsud gua itu, Lo coba biasain dengerin Musi disaat lo lagi ngerjain sesuatu saat sendiri. Contohnya pas lo belajar pelajaran yg berhubunga sama Konsentrasi dan Fokus dengerin lagu kaya gini:


atau lo mau ngerjain sesuatu yang berhubungan sama kreatifitas kaya nge gambar, Lo bisa dengerin Musik JAZZ. Contohnya cari aja di YUTUB.

Dan satu hal lagi, kalo lo mau TIDUR ini juga perlu musik sob.. tapi jangan mentang-mentang lo galau trus denger lagu galaunya ESTEH DUA GELAS (S*12). Buat Tidur, rajin lah nyetel Musik RELAKSASI kaya gini:
Alasannya, Musik bisa ngebantu proses stimulasi Otak kita sob.. *Katanya sih gitu..!*



2. Jangan Gengsi Makan Tahu - Tempe
Yoyoy.. kaya yang gua tulis di Bio Blog ini, gua paling suka TEMPE, kenapa? selain karna gua kere dan cuma jago masak itu, tapi gua suka karna tempe mengandung PROTEIN sob *gua juga ga milih ikan karna terauma*. Kita tau kalo kekurangan Protein bisa mengganggu fungsi sel saraf pada otak.


3. Ngemil KAYU & Cemilan PEDAS
"Lah jan.. Lo pikir gua RAYAP..?? (O,o')"
hahahhaha.. ya bukan gitu kamsud gua..!!

Ef Wai Ai (FYI) nih Sob, Cemilan pedas yg mengandung Rempah ROSEMARY, SPEARMINT, dan KAYU MANIS *ini maksud gua* itu antioksidannya bisa NGURANGIN STRES pada daerah otak yang ngontrol fungsi mengingat gitu.
Ga percaya sama gua..?? tanya Om gua... *Om Gugel*

4. Ngembangin Kebiasaan Baru
Nah.. sesuai pertanyaan di awal tadi, ada yg bahas Hobby gua banyak kan yah..?? itu juga salah satu cara buat ningkatin kemampuan Otak sob..!!
Tapi sob, ngembangin hal baru yang gua bilang disini selain mencari hobby lo juga bisa ngelatih otak dengan hal yg biasa tapi dengan layout yang berbeda. Contohnya:
- Megang Mouse komputer pake tangan yang lain, Biasanya pake tangan kanan coba pake tangan kiri sampai lo nyaman juga.
- Masang Celana pake satu tangan.
- Ngolesin selai roti sambil nutup mata.
- dan hal lainnya yang BEGOnya sejenis kaya diatas.
"Masa sih?"
Ihh.. Serius.. nih, tiap kali kita mengharuskan pada diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang baru, kita berarti memicu kekuatan baru untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. So, ini bakalan bikin OTAK lo seimbang dan ingatan juga berkembang. *Lengkapnya tanya orang Anatomi ya.. heheheh*

5. Nonton Anime / Kartun
"Wahh... Udah Mulai Ngibul nih..! udah mulai GAJELAY lo jan.."
ehh.. serius.. Nonton ginia bakalan ngelatih Logika, Reflek, dan Rasional lo sob.. asalkan yg ngajak mikir.
Ni, kalo yang ngelatih Logika itu Contohnya Anime yang Detektif-detektifan (Special A, Conan, dll), Anime tentang Game yang ada aturannya kaya Kaiji, atau yang bener-bener ngelatig logika kaya di DateNote ada si L.
Nah Kalo Reflek, lo bisa ngerasain ketika lo fokus saat pergantian Scene-nya cepet banget tapi lo tetep ngerti ceritanya. Contoh lain adalah kartun yg ngajak lo ikut mikir sesuai umur lo sob, misalnya pas kecil lo disuguhin nonton DORA THE KEPOER #ehh, itu bagus buat refleks lo juga *Saat masih kecil, jgn pas udah dewasa nontonnya*.
trus masalah Rasional otak lo bisa kelatih dari > Bisanya lo nilai ke Fiktif-an dan Imajinasi anime atau kartun tersebut.


6. MAIN GAME
"Gua GAMERS tapi kok ga Tambah Pinter..?"
Pertanyaan dan realita itu terjadi karena lo jadiin GAME sebagai Salah satu agenda lo sob. Coba jadiin Game itu sekedar ngisi kebosanan atau waktu luang *Bukan nge-luangin waktu..!*

Ngebiasain nge-GAME yang gua bilang disini adalah Lo harus coba maenin game yang ngelatih kecermatan lo tapi SESUAI UMUR. Nah kalo contohnya mungkin lo bisa ngerasain sendiri.

Atau lo juga bisa maenin game yg sederhana tapi lo harus make perhitungan. Contohnya mungkin Angry Bird, Nah coba lo temuin Posisi aritmatikanya.. *Azeeeehh..*. Itulah yang bikin otak kita jadi dilatih Potensinya bro.



Nah.. Mungkin segitu dulu Tips Cara ngembangin Potensi Otak dari gua *dan nyokap gua* yang bisa kalian coba..!!

SALAM #GOBLOGx

Look My Live Tweet
Be My Blogger Friends
  •  
Fauzan Putra MW Fauzan Putra MW Author

1 comment: